BCA : 6695-0618-23 | BRI 0163-01-009952-53-3 | atas nama Harsoyo

Hanya Bertawakkal Kepada Alloh Untuk Kesembuhan Terhadap Penyakit

Minggu, September 11, 2011

Tip's Menyimpan Madu


Tentu akan merasa sayang sekali jika madu yang kita miliki sampai rusak karena kita salah menyimpan. Madu sebenarnya makanan yang tahan lama dan tidak akan rusak selama tahunan, bahkan pernah ditemukan madu Mesir yang sudah berusia 5000 tahun dan kualitasnya masih baik. Yang membuat madu menjadi rusak adalah kandungan air di dalam madu, dan sifat madu yang hidroskopis (menarik air) sehingga membuat madu jadi gampang bereaksi dengan lingkungan sekitar atau mengalami fermentasi.


Ada 3 hal pokok dalam menyimpan madu :
1. Simpan Di Wadah Yang Terbuat Dari Kaca dan Tertutup Rapat
Simpan di wadah yang terbuat dari kaca dan tertutup rapat. Jika menyimpan madu di wadah yang mengandung logam atau plastik, ditakutkan asam pada madu akan bereaksi dengan wadah dan menjadi racun jika dikonsumsi. Menutup wadah rapat-rapat untuk mencegah madu menyerap uap air dari lingkungan (sifat hidroskopis), karena madu sendiri sudah mengandung air sekitar 10-20 % (Standar FAO). 

2. Simpan Di Tempat Yang Kering

Simpan di tempat yang kering dengan suhu ruangan 10-27 derajat celcius. Karena sifat hidroskopis maka madu bisa menyerap uap air di lingkungan dan menyebabkan madu terfermentasi dan menghasilkan alkohol. Menyimpan madu di lemari es bisa menyebabkan madu menjadi beku dan merusak beberapa enzim penting yang berguna bagi tubuh.


3. Hindarkan Dari Tempat Yang Terkena Cahaya Matahari Atau Panas


Madu apabila terkena cahaya matahari atau panas secara langsung bisa membuat enzim anti bakteri menjadi rusak.


Sumber : www.cintaherbal.wordpress.com


 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls