BCA : 6695-0618-23 | BRI 0163-01-009952-53-3 | atas nama Harsoyo

Hanya Bertawakkal Kepada Alloh Untuk Kesembuhan Terhadap Penyakit

Selasa, September 06, 2011

Saat Herbal Menjadi Pilihan


Pengobatan dengan menggunakan herbal kini makin banyak dipilih oleh masyarakat. Herbal dipercaya mampu menjadi jalan kesembuhan bagi penyakit-penyakit yang oleh kedokteran konvensional sulit disembuhkan.

Herbal juga menjadi pilihan karena harganya yang lebih terjangkau dan proses pengobatannya lebih aman. Seandainya pun kesembuhan belum diraih, pemakaian herbal dengan mengikuti prosedur yang dianjurkan tidak akan menimbulkan efek samping yang membahayakan.

Herbal adalah pengobatan dengan menggunakan bahan-bahan alami (tumbuhan). Sehingga ketika kita memutuskan untuk berobat dengan herbal, maka yang harus dipahami adalah pengobatan ini tidak bisa memberi hasil kesembuhan secara instan.
Mengkonsumsi herbal sebaiknya dilakukan secara teratur dan konsisten. Anda jangan mengharap kesembuhan dapat diraih dalam hitungan hari, walaupun ada testimoni spektakuler yang menyebutkan herbal yang Anda konsumsi bisa memberi kesembuhan dalam waktu singkat. Perlu dipahami bahwa khasiat satu herbal belum tentu berlaku sama bagi setiap orang.

Cara kerja herbal berbeda dengan obat-obatan konvensional. Dalam penyembuhan penyakit, herbal bekerja dengan memperbaiki sistem metabolisme tubuh secara keseluruhan sehingga memerlukan waktu yang cukup lama. Karena itu, jangan berganti-ganti herbal secara cepat. Perkembangan penyakit perlu dimonitor terus dalam kurun waktu 1-3 bulan. Bila tidak ada perkembangan yang berarti, baru bisa beralih ke herbal atau sistem pengobatan yang lain.
Sebelum menggunakan herbal, anda sebaiknya sudah mengetahui dengan jelas penyakit apa yang anda derita. Hal ini agar penggunaan obat herbal lebih efektif. Karena itu periksalah ke dokter untuk mengetahui penyakit anda, baru cari obat herbal yang cocok untuk penyakit tersebut.

Hindarilah untuk mendiagnosa penyakit sendiri hanya berdasarkan keluhan-keluhan yang ada. Sering masyarakat berpikiran bahwa herbal bisa menyembuhkan macam-macam penyakit, sehingga merasa tidak perlu untuk memeriksakan penyakitnya.

Ini adalah anggapan yang berlebihan. Kita tetap perlu untuk berkonsultasi dengan ahli medis yang berkompeten untuk mengetahui penyakit kita. Dengan begitu, pengobatan herbal yang kita lakukan bisa tepat dan efektif.

Selain khasiat, kita perlu pula memperhatikan aspek keamanan dari herbal yang kita konsumsi.  Banyak orang beranggapan semua herbal aman dikonsumsi karena sudah digunakan secara turun temurun. Faktanya tidaklah demikian. Tidak jarang bahkan ada obat herbal yang berbahaya karena didalamnya dicampur obat-obat kimia yang justru bisa merusak kesehatan.

Untuk kehati-hatian, pilihlah herbal yang sudah mendapat lisensi resmi dari badan yang ditunjuk oleh Pemerintah, baik MUI maupun Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).

Untuk menghasilkan pengobatan yang optimal, gunakan herbal yang berkualitas. Mungkin agak susah mencari herbal yang benar-benar berkualitas karena sekarang demikian banyaknya obat herbal yang beredar di pasaran. Cara yang bisa digunakan adalah meminta rekomendasi dari orang yang anda percaya untuk mencari obat herbal yang bagus. Jangan mudah percaya dengan banyaknya testimoni kehebatan suatu herbal, karena itu bisa membuat kita kurang obyektif dalam memilih herbal.

Begitu pula jangan mudah tergiur dengan harga yang murah. Prinsip ada uang ada barang tetap harus dipegangi, termasuk dalam memilih obat herbal. Jangan pernah mengharap obat yang berkhasiat bagus tapi harganya murah.
Saat ini masyarakat cenderung menggunakan herbal sebagai alternatif dari pengobatan konvensional. Tidak jarang herbal digunakan sebagai alternatif terakhir setelah dokter angkat tangan. Hal ini tentu saja tidak benar. Herbal sebaiknya digunakan secara rutin untuk pencegahan timbulnya penyakit karena fungsi terbaik dari herbal adalah untuk pencegahan.

Perlu kita perhatikan untuk melakukan perubahan dalam pola hidup sehari-hari beserta pola makanny. Karena tanpa dukungan dari pola hidup dan makan yang sehat, pengobatan dengan herbal bisa berakhir tanpa hasil.

Kurangi semua makanan yang bisa memperburuk tingkat kesehatan anda, bahkan kalau bisa dihindari selama dalam proses pengobatan. Begitupula lakukan aktivitas badan yang cukup dengan berolahraga.

Untuk pengobatan penyakit-penyakit berat sangat diperlukan untuk berkonsultasi dengan pakar herbal (herbalis). Dengan begitu kita akan tahu herbal apa saja yang harus diminum, dosisnya berapa dan jangka waktunya berapa lama. (ph)

Sumber : Majalah Pro Herbal

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls