Semoga Allah Selalu Memberikan Taufiq Kepada Pemerintah Indonesia Dalam Menjalankan Tugasnya. Amin

Hanya Bertawakkal Kepada Alloh Untuk Kesembuhan Terhadap Penyakit

Jumat, September 09, 2011

Pentingnya Enzim dalam Makanan Kita



Makanan tak bisa dipisahkan dari aktivitas keseharian kita. Karena merupakan rutinitas, menyebabkan banyak diantara kita jadi kurang perhatian dengan apa yang kita makan. Terlebih tuntutan lidah yang memang inginnya selalu mengecap sesuatu yang nikmat, orientasi makan pun banyak yang berhenti di mulut saja. Perkara makanan itu mau diapakan oleh pencernaan kita, memberi manfaat atau malah menjadi penyakit, kita jarang peduli.
Menurut sejumlah referensi, bila tubuh kita ingin sehat hendaknya kita rajin mengonsumsi makanan yang kaya akan enzim. Apa itu enzim?


Enzim merupakan sejenis protein yang terdapat dalam sel makhluk hidup. Enzim bertugas mempercepat reaksi kimia yang terjadi di dalam tubuh dengan cara mengurai zat-zat makan yang masuk menjadi bentuk yang lebih sederhana sehingga mudah diserap oleh tubuh.
Semua proses kimia yang terjadi di tubuh kita seperti proses metabolisme, proses tumbuh dan berkembang, terjadi karena peran enzim.

Struktur Enzim
Enzim merupakan biokatalisator/katalisator organik yang dihasilkan oleh sel. Struktur enzim terdiri dari :
Apoenzim, yaitu bagian enzim yang tersusun dari protein yang akan rusak bila suhu terlampau panas (termolabil).
Gugus Prostetik (Kofaktor), yaitu bagian enzim yang tidak tersusun dari protein, tetapi dari ion-ion logam atau molekul-molekul organik yang disebut KOENZIM. Molekul gugus prostetik lebih kecil dan tahan panas (termostabil), ion-ion logam yang menjadi kofaktor berperan sebagai stabilisator agar enzim tetap aktif. Koenzim yang terkenal pada rantai pengangkutan elektron (respirasi sel), yaitu NAD (Nikotinamid Adenin Dinukleotida), FAD (Flavin Adenin Dinukleotida), SITOKROM.
Enzim mengatur kecepatan dan kekhususan ribuan reaksi kimia yang berlangsung di dalam sel. Walaupun enzim dibuat di dalam sel, tetapi untuk bertindak sebagai katalis tidak harus berada di dalam sel. Reaksi yang dikendalikan oleh enzim antara lain ialah respirasi, pertumbuhan dan perkembangan, kontraksi otot, fotosintesis, fiksasi dan pencernaan.



Ada banyak sekali jenis enzim, yang mencapai jumlah ribuan. Dari jumlah itu bisa digolongkan menjadi dua : enzim metabolisme dan enzim pencernaan. Enzim metabolisme ada di seluruh tubuh, yang berfungsi mengatur kelancaran proses semua kimiawi yang terjadi seperti siklus menstruasi, fungsi reproduksi, bernapas, berpikir, bergerak, dan mengontrol semua sistem imunitas.


Kualitas kerja enzim metabolisme didukung oleh enzim pencernaan. Tanpa enzim pencernaan, nutrisi penting yang terkandung dalam makanan tidak bisa diserap dan dimanfaatkan oleh tubuh.

Enzim pencernaan terdapat di sepanjang saluran pencernaan yaitu di kelenjar air liur, usus halus, usus besar, lambung dan pankreas. Enzim pencernaan ini ibarat "tentara garis depan" yang ikut menentukan kualitas kerja enzim metabolisme. Ia mulai bekerja saat kita mengunyah makanan, ketika makanan dicerna di lambung, masuk ke usus, hingga dibuang melalui anus.
Enzim pencernaan yang paling berperan adalah amilase, lipase dan protease. Amilase bertugas merombak karbohidrat menjadi glukosa, lipase mengurai lemak menjadi asam lemak, dan protease memecah protein menjadi asam amino.

Zat-zat makanan yang sudah diurai oleh enzim akan diserap oleh dinding-dinding usus untuk disalurkan ke seluruh tubuh.


Jumlahnya Terbatas


Secara alamiah, enzim-enzim di dalam tubuh kita sudah mempunyai "jatah" jumlah dan masa hidup yang terbatas (enzyme potential). Selain ditentukan oleh faktor genetika dan kesehatan pankreas, persediaan enzim semakin menipis seiring bertambahnya usia.
Oleh sebab itu, kita harus menghemat enzim yang ada. Kita perlu memasok enzim dari sumber lainnya yaitu makanan (plant/food enzyme).

Makanan yang banyak mengandung enzim adalah buah dan sayur-sayuran segar. Enzim yang terkandung di dalam buah dan sayuran segar mempunyai karakter dan struktur yang sama dengan sel-sel enzim yang ada di dalam tubuh.

Yang dimaksud dengan buah dan sayuran segar adalah buah dan sayuran yang tidak dimasak atau diproses (yakni dikonsumsi dalam keadaan mentah). Hal ini disebabkan enzim sangat peka terhadap suhu. Jika dimasak dengan suhu diatas 42 derajat celcius, enzim akan rusak.


Enzim juga akan rusak pada makanan yang mengalami proses penggilingan, seperti pada beras dan gandum. Proses penggilingan telah menyebabkan kulit ari rusak, padahal enzim banyak terdapat pada kulit ari. Beras yang kaya enzim bisa didapati pada beras pecah kulit atau beras merah.


Hal lain yang bisa merusak enzim adalah proses pengawetan, adanya zat adiktif dalam makanan (pemanis, pewarna, penambah rasa dan aroma kimia), dan pestisida. Begitupula minuman keras (alkohol) dan rokok, ikut menurunkan kualitas enzim.

Bila makanan yang kita konsumsi mayoritas miskin enzim, makanan tersebut akan memaksa tubuh menggunakan enzim yang ada. Tujuannya supaya makanan tersebut dapat dicerna dengan baik.

Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang enzimnya rusak akan membuat organ pembuat enzim bekerja lebih keras. Beban organ pembuat enzim menjadi berlebihan. Dan ini dapat menyebabkan kelelahan dan peradangan pada sistem pencernaan.

Setiap makanan yang kita suapkan ke mulut, sebaiknya dikunyah paling sedikit 32 kali sebelum ditelan. Hal ini dimaksudkan supaya proses pencernaan di mulut bisa berlangsung sempurna sehingga kerja organ berikutnya menjadi lebih ringan. Bila makan tergesa-gesa ditambah lagi jumlah makanannya banyak, maka akan sangat "menyiksa" organ pencernaan yang ada di perut.


Bisa Timbulkan Penyakit


Kemajuan zaman telah membawa perubahan pola makan dan gaya hidup. Saat ini tanpa disadari banyak orang yang makan dengan terburu-buru karena padatnya aktivitas.


Ritmen kerja yang menuntut serba cepat dan perkembangan tren juga sering menjadikan fast food dan makanan yang sudah diproses menjadi pilihan karena lebih prakttis.  Pola makan tersebut membuat tubuh rentan kekurangan enzim.

Gejala kekurangan enzim sering tidak disadariBanyak orang mengira itu gangguan maag karena gejalanya memang hampir sama. Penderitanya antara lain merasa kembung, mual dan timbul gas yang berlebihan di dalam perut sehingga sering bersendawa atau buang angin.
Pada beberapa kasus, gejala kekurangan enzim bisa berupa nyeri perut dan diare. Dalam penelitian yang dilakukan oleh Simadibrata M. dkk di RSCM pada tahun 2002, ditemukan bahwa sebagian besar kasus diare kronik non infeksi disebabkan oleh gangguan pencernaan (sebanyak 62,6 persen). Penyebab utama gangguan pencernaan tersebut adalah kekurangan enzim.


Kekurangan enzim umumnya ditandai dengan adanya lemak, protein atau karbohidrat di dalam feses (tinja).
Ditemukannya karbohidrat, protein atau lemak di dalam feses merupakan tanda terjadinya gangguan pencernaan dan penyerapan makanan. Gangguan penyerapan ini dapat menyebabkan kekurangan gizi yang menyebabkan menurunnya daya tahan tubuh.

Zat-zat makanan yang tidak terurai sempurna akan menumpuk di usus besar. Lama kelamaan sisa zat makanan tersebut akan membusuk dan menjadi tempat yang subur bagi berkembangnya bakteri, jamur dan virus. Tumpukan sisa makanan juga dapat menjadi air yang bersifat racun.

Dalam jumlah tertentu, selain melumpuhkan sistem kekebalan, zat-zat tersebut mengganggu sistem kerja organ-organ di dalam tubuh. Kerja organ yang tidak optimal akan mengundang datangnya berbagai macam penyakit. Mulai dari alergi yang berupa gangguan kulit, sakit kepala, insomnia, gangguan menstruasi, radang usus buntu, jantung koroner, kanker dan gangguan emosi.

Oleh sebab itu dianjurkan untuk memperbanyak sayur dan buah-buahan segar, mengurangi makanan digoreng, mengurangi konsumsi daging merah dan makanan berlemak, mengunyah makanan hingga lembut, serta makan dalam porsi yang cukup (tidak berlebihan).


Sumber : Majalah Pro Herbal

Infokom Herbal Albarokah

Silakan isi formulir berikut ini untuk memesan produk. Mohon isi data secara baik dan benar. 
Nama*
Email*

Perihal*

No. Telp/HP*

Isi Pesan*

Kapsul Brotowali | Kapsul Daun Katuk | Kapsul Daun Ungu | Kapsul Jahe Merah | Kapsul Jati Belanda Plus | Kapsul Kumis Kucing | Kapsul Songgolangit|

Alfa Kelatik | Antibet | Habbatus Sauda' Oil | Hemorofit | Gamat Emas | Hersidar | Kapsul Pare | Madu Herbal Man Jos | Madu Herbal Subur Rahim | Madu Hutan Sumatera | Madu Murni Al Marjan | Olivia Turseena | Rheumafit Herbal Pereda Rematik | Sari Kurma Al Ajwa Plus | Sirup Madu Gurah| Sirup Manggis Maosteen | Stabitens | Zaitun Oil | Stabitens | VCO Virgin Coconut Oil
Rabu, 30/07/2014 16:36 WIB
Sirsak Plus

Sirsak Plus merupakan salah satu herbal produksi Al Afiat yang memiliki beragam manfaat diantaranya adalah untuk melancarkan peredaran darah, mengobati tekanan darah tinggi, kanker, kolesterol, stress, stroke serta menormalkan sistem syaraf yang kurang baik


Jumat, 03/10/2014 15:10 WIB
Spirulina Meningkatkan Daya Tahan Tubuh, Sebagai Anti Oksidan dan Anti Kanker

Spirulina merupakan makanan organik sumber klorofil tertinggi yang kaya mineral seperti besi, kalsium, seng, potasium dan magnesium. Vitamin A-beta carotene, B kompleks dan fenilaninnya menekan selera makan sehingga konsumsi gula dari karbohidrat kompleks dapat dikurangi.


Jumat, 10/05/2013 19:21 WIB
6 Manfaat Daun Kelor Yang Jarang Diketahui

Bagian pohon kelor yang sering dimanfaatkan oleh manusia adalah bagian daun dan buahnya, biasanya dijadikan sayuran untuk konsumsi sehari-hari. Namun ada juga yang memanfaatkan daun kelor sebagai pengobatan alami diantaranya meredakan penyakit demam, dan lain-lain.



Sabtu, 10/10/2012 10:40 WIB
Gold-G Sea Cucumbar Jelly

Gold-G Sea Cucumbar Jelly dalam istilah sehari-hari disebut Timun Laut atau Teripang / Gamat adalah bahan makanan yang berasal dari laut di Asia (Pulau Langkawi, Malaysia). Keistimewaan Gold-G Sea Cucumber dibandingkan Teripang pada umumnya.


Senin, Agustus 26, 2013 22:34 WIB
Solusi Atasi Diabet Tanpa Kompromi

Diabetes Melitus atau kencing manis adalah suatu gangguan kronis khususnya menyangkut metabolisme glukosa di dalam tubuh. Penyakit ini terjadi akibat kekurangan insulin absolut maupun relatif.


Berita Sebelumnya

Minggu, 12/05/2013 07:10 WIB
Bekam


Minggu, 12/05/2013 05:31 WIB
Ain


Jum'at, 10/05/2013 07:10 WIB
Ruqyah


Baca Juga :
Foto dan Video Terkait :

JAMSI Obat Tradisional untuk penderita Diabet. Fungsi Jamsi antara lain : memperbaiki sel-sel dan fungsi pankreas, menurunkan kadar gula, menetralisir hipertensi, asam urat, kolesterol, trigeliserit. Cara pemakaian : untuk penderita diabet : 3x2 sendok makan per hari. BIla masih mengkonsumsi obat medis, diberi jarak waktu antara 15 sampai 30 menit. Untuk kesembuhan sebaiknya obat medis lambat laun dikurangi dosisnya sampai bisa lepas 100%. Untuk pencegahan diabet : 1 x 1 sendok makan per hari sebelum makan. Untuk penderita/penyakit bahan organik yang lain sebaiknya diminum 2x2 sendok makan saat mau tidur dan saat bangun tidur.

Jamkho - Jamu Diabetes, Kolesterol dan Asam Urat Pilihan
JAMKHO bukanlan ramuan biasa karena mempunyai kemampuan lebih cepat dalam menurunkan kolesterol (1-2 jam). Ramuan obat tradisional kolesterol JAMKHO ini diolah dengan menggunakan teknologi nano sehingga bahan-bahan alami di dalamnya menjadi partikel-partikel kecil yang lebih mudah diserap oleh tubuh. Selain diolah dengan teknologi modern, kandungan-kandungan di dalam JAMKHO adalah bahan-bahan alami pilihan seperti gula aren, air hexagonal, pegagan, mahkota dewa, kurkurma, mengkudu dan juga embrio nektar madu. Kandungan-kandungan alami tersebut jika dikonsumsi secara teratur akan berkhasiat menurunkan kadar kolesterol tinggi secara bertahap dan aman. Tak hanya itu saja, bahan-bahan alami dalam JAMKHO akan membantu menurunkan kadar asam urat dan juga trigliserida.

JAMKHO sangat cocok dikonsumsi oleh mereka yang memiliki kadar kolesterol tinggi yang antara lain ditandai dengan rasa berat di bagian tengkuk akibat pasokan darah dan oksigen yang terhambat, munculnya rasa sakit di kepala akibat terhambatnya aliran darah menuju ke otak, stamina yang dirasakan berkurang, dan munculnya kondisi kesemutan di beberapa bagian tubuh tertentu.

Khasiat JAMKHO: Menurunkan kadar kolesterol yang tinggi dengan lebih cepat (1-2 jam) Menurunkan kadar asam urat Mengatasi radang pada persendian Mengatasi infeksi pada kandung kemih Membantu menurunkan trigliserida Mencegah munculnya penyakit-penyakit akibat kadar kolesterol tinggi

Cara Pakai:
Konsumsilah ramuan herbal JAMKHO ini sebanyak 1 x 1 sendok makan per hari. Atau konsumsilah JAMKHO 3 x 2 sendok makan per hari bila perlu (maksimal). Komposisi:
– Air …. 70 ml
– Madu …. 20 ml
– Gula Aren …. 10 gr
– Ekstrak phaleria macrocarpa …. 120 mg
– Ekstrak cantella asiatica …. 100 mg
– Ekstrak morindae citrifoliae …. 64 mg
– Ekstrak curcuma xanthorrhizae …. 40 mg

Isi: 100 ml
Badan POM TR: 133 672 511
Produsen: PT. Mahkota Dewa Indonesia

Hulbah adalah tumbuhan yang tergolong dalam famili Fabaceae. Ditanam di seluruh dunia sebagai tanaman separa gersang, ia digunakan sebagai kedua-dua herba (daunnya) dan rempah (bijinya). Hulbah juga sering digunakan untuk memasak kari. Perkataan bahasa Melayu, "halba", berasal daripada nama bahasa Arab, "Hilbeh" Nama saintifiknya Trigonella foenum-graecum.

Office - CS. Herbal Albarokah Online


Assalamu'alaikum wa Rohmatullohi Wa Barokatuh ...

Semoga Kesehatan Tetap Menyertai Anda dan Keluarga ...



Selamat Datang di Toko Herbal Albarokah ~ Toko Anda Toko Kita Semua.

Toko Herbal-Albarokah Menyediakan Obat-Obatan Herbal Berkualitas dan Produk Herbal Best Seller dari berbagai Kategori Penyakit seperti : Alergi, Amandel, Ambeien, Anemia, Anti Biotik, Anti HIV, Anti Oksidan, Anti Radang, Asam Urat, Diabetes, Eksim, Epilepsi, Flek Paru, Ginjal, Radang dan lain-lain dengan harga yang terjangkau.

Di Toko Herbal Albarokah Anda beserta Keluarga bisa belanja berbagai produk herbal dengan Mudah : Aman dan Cepat.

Anda bisa menghubungi kami di :
Hotline : 0818 0381 7669

Work Time : Senin s/d Sabtu Jam 08.00-17.00 WIB.

Kabar Gembira bagi Anda yang berdomisili di Kota Malang-Jawa Timur, Magelang-Jawa Tengah dan Sampit-Kalimantan Tengah, Ongkos Kirim Gratis.
Ya ... Gratisss. Manfaatkan Kesempatan Emas Ini Sekarang Juga.


Layanan SMS :
Format Pemesanan :
Nama Obat#Jumlah#Nama Lengkap#Alamat Lengkap

Format Konfirmasi Pembayaran :
Bank Tujuan#Nama Pengirim# Alamat Lengkap Pengiriman

Kirim ke 0818 0381 7669

Denah Menuju Toko Herbal-Albarokah Malang
Dari Terminal Arjosari Naik Angkot AT (Arjosari Tumpang) lalu turun tepat di Gg. 15 Jl. LA Sucipto No. 227 Blimbing Malang

Infokom. Herbal Albarokah


 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls