Semoga Allah Selalu Memberikan Taufiq Kepada Pemerintah Indonesia Dalam Menjalankan Tugasnya. Amin

Hanya Bertawakkal Kepada Alloh Untuk Kesembuhan Terhadap Penyakit

Rabu, Agustus 24, 2011

TELISIK MSG : Monosodium Glutamat Dalam Penyedap Rasa


Eksitoksin Penyebab Obesitas, Kerusakan Otak dan Penyakit Lain

MSG atau Monosodium Glutamat adalah zat tambahan (aditif) pada makanan yang sangat populer. MSG merupakan garam natrium dari asam glutamat.

Sebagaimana zat aditif lainnya seperti aspartam, SLS, fluoride, dll yang memicu banyak kontroversi, demikian pula MSG ini. Pihak-pihak seperti produsen dan badan pengawas makanan dari berbagai negara umumnya masih menganggap aman senyawa ini, berdasarkan riset yang mereka selenggarakan. Sementara itu, pihak-pihak seperti kalangan medis, akademisi dan yayasan perlindungan konsumen biasanya mempunyai pendapat yang berseberangan. Mereka menerbitkan sejumlah hasil riset yang berbeda, yang menunjukkan bahaya mengkonsumsi zat ini. Paling tidak menyarankan pembatasan pemakaian hingga kadar yang sangat rendah.

Pada tahun 1975 disebutkan oleh Nurhasan, seorang peneliti PIRAC (suatu lembaga riset dan advokasi kepentingan publik), bahwa Institut Pertanian Bogor pernah melakukan penelitian efek MSG terhadap ayam. Hasil yang didapatkan, unggas ini mati setelah mengkonsumsinya. Ia mengatakan hasil ini bisa dihubungkan dengan kasus Sindrom Restoran Cina.

Berbagai penelitian di luar negeri menyebutkan bahwa MSG adalah sebuah exitotoxin, racun kimia yang dapat merangsang dan mematikan sel-sel otak. MSG dikaitkan dengan efek kejang, mual, alergi, ruam, sakit kepala, serangan asma, mulut terasa kering, hilang ingatan, memperburuk gangguan saraf degeneratif seperti alzheimer, penyakit parkinson, autisme serta ADD (Attention Deficit Disorder), dll. Sejumlah penelitian menemukan bahwa MSG terkait dengan obesitas, kerusakan jaringan otak, degenerasi makular (pusat retina mata) dan kerusakan hati.

Ironisnya, MSG masih banyak sekali kita temukan pada berbagai makanan yang kita santap. Disetiap sudut jalan disetiap tempat, bahkan di rumah-rumah. Sangat sulit bagi seseorang untuk membebaskan diri dari zat aditif yang satu ini. Seorang ibu di maka kini sulit sekali memisahkan buah hatinya dari konsumsi MSG. MSG ada pada fast food, makanan-makanan kegemaran anak seperti mie instan, bakso, sosisi, siomay, pempek, makanan kemasan, serta makanan ringan lainnya.

MSG dan Obesitas

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa MSG dapat menyebabkan penambahan berat badan dan obesitas pada hewan percobaan. Efek yang sama pun dapat terjadi pada manusia. PPenelitian tersebut disusun dalam sebuah jurnal mengenai obesitas, dan menemukan bahwa zat aditif pada makanan akan merusak pusat pengaturan nafsu makanan di hipotalamus (suatu bagian di otak) dan menyebabkan resistensi (kekebalan) terhadap leptin. Leptin adalah protein hormon yang mengatur asupan energi dan penggunaan energi termasuk nafsu makan dan metabolisme.

Para peneliti melakukan studi cross-sectional di Cina dan para peserta diminta untuk memberi tambahan MSG dalam jumlah yang telah ditetapkan ketika memasak makanan.

Penelitian yang dilakukan terhadap hewan mengindikasikan bahwa MSG dapat menginduksi lesi (luka) hipotalamus dan resistensi leptin, yang kemungkinan mempengaruhi keseimbangan energi, dan akhirnya dapat menyebabkan obesitas. Studi ini meneliti hubungan antara asupan MSG dengan kelebihan berat badan pada manusia.

Setelah disesuaikan dengan faktor pembaur yang potensial (termasuk aktifitas fisik dan total asupan energi ), maka diambil kesimpulan bahwa asupan MSG sangat berkaitan dengan peningkatan indeks massa tubuh. Selain itu, prevalensi kegemukan secara signifikan lebih tinggi pada pengguna MSG daripada yang tidak menggunakan MSG

MSG dan Kerusakan Jaringan Otak

MSG dianggap sebagai neurotoksin. Banyak penelitian telah membuktikan adanya hubungan antara zat aditif makanan ini dengan kerusakan jaringan otak pada hewan. MSG adalah garam natrium glutamat dan glutamat sendiri telah banyak dikenal sebagai suatu eksitotoksin (selain aspartam).

Glutamat sebenarnya adalah neurotransmitter normal di otak yang hanya ada di cairan ekstaseluler (diluar sel) otak dalam jumlah yang sangat kecil. Namun, ketika jumlah glutamat meningkat, maka kerja sel-sel otak menjadi abnormal, dan sel-sel mengalami eksitotoksisitas, yakni suatu proses patologis dimana sel saraf rusak dan mati karena stimulasi yang berlebih oleh zat-zat neurotransmitter seperti glutamat, dll.

Beberapa studi menunjukkan bahwa efek samping ini berjalan dengan perlahan dan dalam jangka waktu yang panjang, sedangkan pada beberapa orang dengan kepekaan yang lebih besar, eksitotoksisitas akan menjadi lebih parah. Banyak penelitian telah membuktikan hal ini.

MSG dan Degenerasi Makular

Beberapa studi menunjukkan bahwa MSG dapat menyebabkan degenerasi makular (degenerasi retina). Dalam sebuah penelitian di tahun 2002, para peneliti dapat mengamati kerusakan retina pada hewan percobaan yang diberi makanan yang mengandung MSD selama 3 bulan dan 6 bulan. Penelitian ini menunjukkan bahwa diet dengan kelebihan natrium glutamat selama beberapa tahun dapat meningkatkan konsentrasi glutamat dalam cairan mata (vitreous) dan dapat menyebabkan kerusakan sel retina.

MSG dan Peradangan dan Displasia Sel Hati

Pada tahun 2008, sebuah studi yang disusun pada Jurnal Autoimun, bahwa para peneliti melaporkan bahwa MSG yang disuntikkan pada tikus dapat menyebabkan peradangan hati yang signifikan, yaitu obesitas dan diabetes tipe-2. Para peneliti mengamati efek jangka panjang dari MSG pada peradangan dengan menganalisis MSG yang disuntikkan pada tikus dan memfokuskan pada patologi hati. Mereka menemukan bahwa pada bulan ke-6 dan ke-12 semua mencit (tikus kecil) yang diberi MSG mengalami peradangan dan displasia (perubahan struktural yang abnormal) pada sel hati, dan lesi-lesi pun terdeteksi pada beberapa kasus.

Penelitian tersebut menyebutkan :
"Kami menyimpulkan bahwa pemberian MSG pada mencit menyebabkan obesitas dan diabetes dengan stetosis dan stetohepatitis menyerupai manusia NAFLD dan NASH dengan luka pre-neoplastik. Kesimpulan penelitian ini secara signifikan membuat kita menyoroti luasnya penggunaan MSG pada makanan dan kami menyarankan agar profil keamanan perusahaan MSG diperiksa ulang dan berpotensi ditarik dari rantai makanan".

MSG sebagai Penyedap Rasa]

Banyak makanan kaleng, olahan, kemasan dan makanan cepat saji yang mengandung MSG, tetapi seringnya, MSG dicantumkan pada label komposisi makanan dengan nama yang lain. Beberapa nama yang sering digunakan diantaranya adalah : protein nabati terhidrolisis, protein nabati terautolisis, protein bertekstur nabati, ekstrak ragi terautolisis, ekstrak protein nabati, sodium kasein, ekstrak ragi, protein bertekstur whey, dan protein bertekstur kedelai. Bahkan pada istilah rempah-rempahan dan perisa alami dapat menunjukkan adanya MSG.

Menurut sebagian penelitian, MSG dalam jumlah tertentu masih dianggap aman. Beberapa negara industri menetapkan konsumsi MSG yang masih bisa ditolerir sebesar 0,3 - 1 gr per hati. Akan tetapi jumlah ini sulit diketahui secara pasti.

Apalagi kini, banyak produsen enggan menuliskannya pada setiap kemasan. Kadar dalam masakan yang kita masak sehari-hari pun sulit diketahui secara pasti, karena senyawa ini tercampur sedemikian rupa dalam makanan sehingga banyak orang yang sama sekali tidak menyadari ketika sudah mengkonsumsi MSG dalam jumlah berlebih. Jumlah yang dikategorikan melampaui batas bila konsumsi MSG mencapai 30 mg/kg BB per hari.

Cara terbaik untuk menghindari MSG adalah dengan membeli bahan-bahan makanan dan memasaknya sendiri di rumah. Bacalah kembali label makanan dengan hati-hati untuk mengetahui berbagai penyamaran nama MSG sebelum kita membeli makanan dalam kemasan. (Lathifah & Fathimah).

Wallohu A'lam bis shawab.

Source : Majalah Muslim Sehat

Infokom Herbal Albarokah

Silakan isi formulir berikut ini untuk memesan produk. Mohon isi data secara baik dan benar. 
Nama*
Email*

Perihal*

No. Telp/HP*

Isi Pesan*

Kapsul Brotowali | Kapsul Daun Katuk | Kapsul Daun Ungu | Kapsul Jahe Merah | Kapsul Jati Belanda Plus | Kapsul Kumis Kucing | Kapsul Songgolangit|

Alfa Kelatik | Antibet | Habbatus Sauda' Oil | Hemorofit | Gamat Emas | Hersidar | Kapsul Pare | Madu Herbal Man Jos | Madu Herbal Subur Rahim | Madu Hutan Sumatera | Madu Murni Al Marjan | Olivia Turseena | Rheumafit Herbal Pereda Rematik | Sari Kurma Al Ajwa Plus | Sirup Madu Gurah| Sirup Manggis Maosteen | Stabitens | Zaitun Oil | Stabitens | VCO Virgin Coconut Oil
Rabu, 30/07/2014 16:36 WIB
Sirsak Plus

Sirsak Plus merupakan salah satu herbal produksi Al Afiat yang memiliki beragam manfaat diantaranya adalah untuk melancarkan peredaran darah, mengobati tekanan darah tinggi, kanker, kolesterol, stress, stroke serta menormalkan sistem syaraf yang kurang baik


Jumat, 03/10/2014 15:10 WIB
Spirulina Meningkatkan Daya Tahan Tubuh, Sebagai Anti Oksidan dan Anti Kanker

Spirulina merupakan makanan organik sumber klorofil tertinggi yang kaya mineral seperti besi, kalsium, seng, potasium dan magnesium. Vitamin A-beta carotene, B kompleks dan fenilaninnya menekan selera makan sehingga konsumsi gula dari karbohidrat kompleks dapat dikurangi.


Jumat, 10/05/2013 19:21 WIB
6 Manfaat Daun Kelor Yang Jarang Diketahui

Bagian pohon kelor yang sering dimanfaatkan oleh manusia adalah bagian daun dan buahnya, biasanya dijadikan sayuran untuk konsumsi sehari-hari. Namun ada juga yang memanfaatkan daun kelor sebagai pengobatan alami diantaranya meredakan penyakit demam, dan lain-lain.



Sabtu, 10/10/2012 10:40 WIB
Gold-G Sea Cucumbar Jelly

Gold-G Sea Cucumbar Jelly dalam istilah sehari-hari disebut Timun Laut atau Teripang / Gamat adalah bahan makanan yang berasal dari laut di Asia (Pulau Langkawi, Malaysia). Keistimewaan Gold-G Sea Cucumber dibandingkan Teripang pada umumnya.


Senin, Agustus 26, 2013 22:34 WIB
Solusi Atasi Diabet Tanpa Kompromi

Diabetes Melitus atau kencing manis adalah suatu gangguan kronis khususnya menyangkut metabolisme glukosa di dalam tubuh. Penyakit ini terjadi akibat kekurangan insulin absolut maupun relatif.


Berita Sebelumnya

Minggu, 12/05/2013 07:10 WIB
Bekam


Minggu, 12/05/2013 05:31 WIB
Ain


Jum'at, 10/05/2013 07:10 WIB
Ruqyah


Baca Juga :
Foto dan Video Terkait :

JAMSI Obat Tradisional untuk penderita Diabet. Fungsi Jamsi antara lain : memperbaiki sel-sel dan fungsi pankreas, menurunkan kadar gula, menetralisir hipertensi, asam urat, kolesterol, trigeliserit. Cara pemakaian : untuk penderita diabet : 3x2 sendok makan per hari. BIla masih mengkonsumsi obat medis, diberi jarak waktu antara 15 sampai 30 menit. Untuk kesembuhan sebaiknya obat medis lambat laun dikurangi dosisnya sampai bisa lepas 100%. Untuk pencegahan diabet : 1 x 1 sendok makan per hari sebelum makan. Untuk penderita/penyakit bahan organik yang lain sebaiknya diminum 2x2 sendok makan saat mau tidur dan saat bangun tidur.

Jamkho - Jamu Diabetes, Kolesterol dan Asam Urat Pilihan
JAMKHO bukanlan ramuan biasa karena mempunyai kemampuan lebih cepat dalam menurunkan kolesterol (1-2 jam). Ramuan obat tradisional kolesterol JAMKHO ini diolah dengan menggunakan teknologi nano sehingga bahan-bahan alami di dalamnya menjadi partikel-partikel kecil yang lebih mudah diserap oleh tubuh. Selain diolah dengan teknologi modern, kandungan-kandungan di dalam JAMKHO adalah bahan-bahan alami pilihan seperti gula aren, air hexagonal, pegagan, mahkota dewa, kurkurma, mengkudu dan juga embrio nektar madu. Kandungan-kandungan alami tersebut jika dikonsumsi secara teratur akan berkhasiat menurunkan kadar kolesterol tinggi secara bertahap dan aman. Tak hanya itu saja, bahan-bahan alami dalam JAMKHO akan membantu menurunkan kadar asam urat dan juga trigliserida.

JAMKHO sangat cocok dikonsumsi oleh mereka yang memiliki kadar kolesterol tinggi yang antara lain ditandai dengan rasa berat di bagian tengkuk akibat pasokan darah dan oksigen yang terhambat, munculnya rasa sakit di kepala akibat terhambatnya aliran darah menuju ke otak, stamina yang dirasakan berkurang, dan munculnya kondisi kesemutan di beberapa bagian tubuh tertentu.

Khasiat JAMKHO: Menurunkan kadar kolesterol yang tinggi dengan lebih cepat (1-2 jam) Menurunkan kadar asam urat Mengatasi radang pada persendian Mengatasi infeksi pada kandung kemih Membantu menurunkan trigliserida Mencegah munculnya penyakit-penyakit akibat kadar kolesterol tinggi

Cara Pakai:
Konsumsilah ramuan herbal JAMKHO ini sebanyak 1 x 1 sendok makan per hari. Atau konsumsilah JAMKHO 3 x 2 sendok makan per hari bila perlu (maksimal). Komposisi:
– Air …. 70 ml
– Madu …. 20 ml
– Gula Aren …. 10 gr
– Ekstrak phaleria macrocarpa …. 120 mg
– Ekstrak cantella asiatica …. 100 mg
– Ekstrak morindae citrifoliae …. 64 mg
– Ekstrak curcuma xanthorrhizae …. 40 mg

Isi: 100 ml
Badan POM TR: 133 672 511
Produsen: PT. Mahkota Dewa Indonesia

Hulbah adalah tumbuhan yang tergolong dalam famili Fabaceae. Ditanam di seluruh dunia sebagai tanaman separa gersang, ia digunakan sebagai kedua-dua herba (daunnya) dan rempah (bijinya). Hulbah juga sering digunakan untuk memasak kari. Perkataan bahasa Melayu, "halba", berasal daripada nama bahasa Arab, "Hilbeh" Nama saintifiknya Trigonella foenum-graecum.

Office - CS. Herbal Albarokah Online


Assalamu'alaikum wa Rohmatullohi Wa Barokatuh ...

Semoga Kesehatan Tetap Menyertai Anda dan Keluarga ...



Selamat Datang di Toko Herbal Albarokah ~ Toko Anda Toko Kita Semua.

Toko Herbal-Albarokah Menyediakan Obat-Obatan Herbal Berkualitas dan Produk Herbal Best Seller dari berbagai Kategori Penyakit seperti : Alergi, Amandel, Ambeien, Anemia, Anti Biotik, Anti HIV, Anti Oksidan, Anti Radang, Asam Urat, Diabetes, Eksim, Epilepsi, Flek Paru, Ginjal, Radang dan lain-lain dengan harga yang terjangkau.

Di Toko Herbal Albarokah Anda beserta Keluarga bisa belanja berbagai produk herbal dengan Mudah : Aman dan Cepat.

Anda bisa menghubungi kami di :
Hotline : 0818 0381 7669

Work Time : Senin s/d Sabtu Jam 08.00-17.00 WIB.

Kabar Gembira bagi Anda yang berdomisili di Kota Malang-Jawa Timur, Magelang-Jawa Tengah dan Sampit-Kalimantan Tengah, Ongkos Kirim Gratis.
Ya ... Gratisss. Manfaatkan Kesempatan Emas Ini Sekarang Juga.


Layanan SMS :
Format Pemesanan :
Nama Obat#Jumlah#Nama Lengkap#Alamat Lengkap

Format Konfirmasi Pembayaran :
Bank Tujuan#Nama Pengirim# Alamat Lengkap Pengiriman

Kirim ke 0818 0381 7669

Denah Menuju Toko Herbal-Albarokah Malang
Dari Terminal Arjosari Naik Angkot AT (Arjosari Tumpang) lalu turun tepat di Gg. 15 Jl. LA Sucipto No. 227 Blimbing Malang

Infokom. Herbal Albarokah


 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls