BCA : 6695-0618-23 | BRI 0163-01-009952-53-3 | atas nama Harsoyo

Hanya Bertawakkal Kepada Alloh Untuk Kesembuhan Terhadap Penyakit

Rabu, Agustus 24, 2011

SIWAK - Solusi Gigi Kuat dan Sehat


Bisa jadi pembahasan tentang siwak telah begitu lekat di benak para pembaca. Begitu banyak tulisan bahkan jurnal kesehatan baik dari dalam maupun luar negeri yang menjadikan siwak sebagai topik kesehatan unggulan (khususnya kesehatan gigi dan mulut), sekaligus sebagai salah satu dari hikmah dan keajaiban Sunnah Rosululloh Shollallahu 'Alaihi Wa Sallam.

Siwak juga merupakan salah satu bentuk toleransi yang diberikan bagi kita yang berpuasa, untuk dapat memakainya di siang hari tanpa merusak ibadah puasa kita. Di dalam Shahih Bukhari dari sahabat Amir bin Rabiah Rodhiyallohu 'Anhu ia berkata, " Saya melihat Nabi Shollallahu 'Alaihi Wa Sallam membersihkan gigi beliau dengan siwak ketika beliau berpuasa, berulang kali, hingga saya tidak bisa menghitungnya".

Apakah Siwak Itu?

Siwak atau miswak adalah sikat gigi alami yang diambil dari ranting atau akar pohon al-Arak (Salvadora persica) yang lazim tumbuh di wilayah Asia, Afrika, dan tentunya di Timur Tengah. Tanaman pegunungan dari keluarga Salvadoraceae ini memiliki ranting beraroma wangi. Kulit batangnya berwarna coklat muda. Bila dikelupas, terlihat permukaan dalamnya berwarna putih, sedangkan akarnya berwarna lebih tua. Siwak terasa hangat dan agak pedas di mulut, dan terasa menyegarkan.

Sifat Serat Kayu Siwak

Serat kayu siwak sangat kuat, lembut, tahan lama, dan tidak keras. Serat ini mengandung banyak substansi kimia alamiah yang luar biasa bila dibandingkan dengan pasta gigi biasa. Serat ini dapat juga berfungsi sebagai message (pijitan) bagi gusi.

Dr. Nawal Abdullah ad-Dakheel menyatakan bahwa siwak adalah sikat gigi alami yang ideal yang mengandung banyak antiseptic. Siwak berfungsi sebagai sikat gigi, pasta gigi dan sekaligus sebagai dental floss (benang nilon multiflamen untuk membersihkan daerah yang sulit dijangkau sikat gigi. Artinya siwak dapat membersihkan gigi secara tuntas dengan menghilangkan sisa-sisa makanan di permukaan proksimal (pangkal) gigi.

Dr. ad-Dakheel juga mengatakan bahwa siwak mengandung banyak substansi bermanfaat seperti serat selulosa alami yang banyak, kuat dan tidak mudah patah (elastis) meskipun menerima tekanan yang besar. Serat ini lembut dan bentuknya dapat disesuaikan untuk digunakan diantara gigi dan untuk membersihkan sisa-sisa makanan tanpa merusak gigi.

Tinjauan Zat Kimia Bermanfaat

Tanaman yang termasuk family Salvadoraceae ini mengandung senyawa klorida yang dapat menghilangkan noda gigi. Selain itu, silika yang terkandung pada siwak bersifat membersihkan dan menghilangkan kotoran atau memutihkan gigi. Siwak juga mengandung tannic acid sebagai antiseptik astringent yang mencegah dan menghentikan pendarahan gusi, bahkan dapat mempercepat penyembuhannya.

Kandungan lainnya adalah sodium bikarbonat yaitu substansi-substansi alkaloid yang mengurangi karies (gigi berlubang). Sementara itu siwak juga mengandung unsur penting berupa sulfur yang mencapai 73% sehingga dapat mencegah pembiakan bakteri. Adapun kandungan zat pati dan resin pada siwak dapat membantu mengurangi viskositas saliva (kekentalan air liur), sehingga membantu membersihkan dan mendistribusikan kandungan-kandungan zat aktif siwak ke seluruh mulut.

Siwak juga memiliki zat bermanfaat berupa vitamin C dan sitosterol yang mampu mempercepat penyembuhan gangguan pada gusi dan memelihara pembuluh darah halus di daerah mulut dan gusi. Demikian pula kandungan glucotropaeolin dan substansi-substansi aromatik menjadikan siwak memiliki aroma dan rasa yang tajam sehingga memberikan kesegaran dan bau yang harum di mulut.

Penelitian tentang Manfaat Siwak

Sebuah penelitian di Saudi Arabia pada tahun 2003 membandingkan penggunaan miswak/siwak dengan menyikat gigi seperti biasa. Pada akhirnya penelitian ini menyimpulkan bahwa "menyikat gigi dengan miswak lebih efektif daripada menyikat gigi biasa, yaitu untuk mengurangi plak dan gingvitis (radang gusi) apabila didahului dengan petunjuk pemakaian yang baik dan digunakan dengan benar. Miswak tampak lebih efektif daripada sikat gigi untuk menghilangkan plak dari daerah V di pertemuan antar gigi, sehingga meningkatkan kesehatan interproksimal (area pertemuan antar pangkal gigi)." Lebih jauh lagi, riset-riset di Saudi Arabia juga menemukan efek-efek positif siwak terhadap sistem kekebalan tubuh.

Penelitian secara lebih ekstensif juga telah dilakukan oleh Dr. Rami Muhammad Diabi terkait dengan efek positif siwak, terutama efek anti-kecandungan yang cukup bermanfaat bagi perokok, yaitu berfungsi sebagai langkah untuk penyembuhan dan pencegahan kecanduan rokok. Penelitian lain menunjukkan bahwa siwak memiliki efek-efek pengendali plak yang dapat menandingi unsur anti plak yang dapat menandingi unsur anti plak yang terbukti paling baik mengontrol plak, yaitu chlorhexidine gluconate (CHX).

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls