Semoga Allah Selalu Memberikan Taufiq Kepada Pemerintah Indonesia Dalam Menjalankan Tugasnya. Amin

Hanya Bertawakkal Kepada Alloh Untuk Kesembuhan Terhadap Penyakit

Rabu, Agustus 17, 2011

Puasa Bagi Penderita Maag



Gangguan pencernaan merupakan masalah yang sering dianggap remeh oleh kebanyakan orang. Gejala-gejala seperti perut kembung, mual dan nyeri ulu hati seringkali mengganggu aktivitas namun jarang ditangani dengan baik.

Kita telah mengetahui bahwa hampir semua penyakit kronis dan degeneratif berawal dari pencernaan yang tidak sehat. Untuk itu, sudah semestinya kita mengatur pola makan agar kesehatan menjadi lebih baik. Pola makan yang tidak teratur akan menimbulkan masalah pada lambung. Misalnya, pagi hari seseorang makan pagi pada pukul 07.00, dan makan siang pada pukul 13.00. Keesokan harinya, karena sibuk dia lupa sarapan. Jika hal ini menjadi kebiasaan, biasanya kemudian menyebabkan gangguan pencernaan seperti mual, muntal, perut perih atau kembung.

Puasa dan Penyakit Maag

Alhamdulillah, kita telah memasuki bulan Romadhon. Sebagai seorang muslim, tentu menginginkan puasanya dapat dijalani dengan sebaik-baiknya. Namun pada orang yang menderita penyakit maag, terkadang timbul kekhawatiran dalam dirinya, apakah akan sanggup melaksanakan ibadah puasa selama sebulan penuh atau tidak.

Penyakit maag sebenarnya bukan merupakan penghalang bagi seseorang untuk tetap berpuasa, selama dia dapat mengikuti pola makan yang benar dan tidak berlebihan dalam hal makanan. Bahkan banyak ahli menyatakan puasa merupakan salah satu terapi untuk menyembuhkan berbagai gangguan penyakit lambung.

Penyakit maag yang dalam istilah kedokteran disebut "Sindrom Syspepsia" mempunyai arti kumpulan gejala yang berhubungan dengan rasa nyeri/tidak nyaman pada saluran cerna bagian atas.

Gejalanya biasanya ditandai dengan : 
1.  Rasa nyeri perut yang hilang timbul;
2.  Rasa pedih pada ulu hati;
3.  Mual, kadang-kadang sampai muntah;
4.  Nafsu makan berkurang;
5.  Rasa lekas kenyang;
6.  Perut kembung;
7.  Rasa panas di dada dan perut;
8.  Banyak mengeluarkan gas dari mulut.

Dispepsia terbagi menjadi dua yaitu dispepsia organik dan dispepsia nonorganik atau dispepsia fungsional. Dispepsia organik adalah penyakit maag yang terjadi karena ada kerusakan/kelainan bentuk pada organ pencernaan seperti tukak lambung/usus 12 jari, pankreatitis (peradangan pada kelenjar pankreas), penyakit saluran empedu, tumor atau polip. Sedangkan dispepsia fungsional adalah dispepsia yang terjadi akibat kelainan fungsi dari saluran cerna. Penderita dispepsia fungsional biasanya berhubungan dengan pola makan yang tidak teratur, stress, merokok dan alkohol. 

Dispepsia Tidak Selamanya Gastritis

Meskipun gejalanya sama, dispepsia dan gastritis tidaklah sama. Gastritis adalah peradangan pada dinding lambung yang ditandai dengan gejala rasa penuh pada perut, mual, rasa terbakar pada perut, dll. Adapun dispepsia adalah kumpulan dari keluhan-keluhan tadi. Seorang yang menderita gastritis akan mengalami sindrom dispepsia, sedangkan penderita dispepsia belum tentu menderita gastritis.

Gastritis disebabkan oleh pola makan yang tidak teratur, mengonsumsi makanan atau minuman yang dapat merusak lapisan lambung seperti alkohol, aspirin/asam asetil salisilat, atau keracunan makanan yang mengandung toksin stafilokokus. Penyebab lainnya yaitu bakteri Helicobacter pylori. Bakteri ini dapat hidup dalam selaput lendir dinding lambung. Gastritis yang disebabkan oleh bakteri ini umumnya terjadi pada gastritis kronis (gastritis yang menahun). Penyakit ini juga dapat menimbulkan tukak lambung (luka pada lambung). 

Menurut dr. Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH, MMB, ahli penyakit dalam serta konsultan penyakit lambung dan pencernaan, seseorang yang menderita penyakit maag dapat tetap menjalankan puasa selama dia dapat mengatur pola makannya dengan baik. Seorang yang menderita dispepsia organik perlu berhati-hati dalam menjalankan puasanya. Sebaiknya dia selalu menyediakan obat yang diresepkan oleh dokter agar insya Alloh aman untuk berpuasa. Bila perlu konsultasikan dulu dengan dokter ahli pencernaan (gastropatologi), apakan aman untuk berpuasa atau tidak. Sementara itu bagi mereka yang menderita dispepsia non organik, biasanya penyakit maagnya membaik saat berpuasa dengan izin Alloh. Hal ini disebabkan karena pola makan menjadi lebih teratur dan konsumsi makanan yang mengandung gas pun berkurang. 

Namun seseorang tidak dapat menilai dirinya sendiri, apakah penyakit maag organik atau fungsional. Perlu pemeriksaan lebih lanjut melalui endoskopi (yaitu memasukkan alat dari mulut sehingga bisa melihat kerongkongan, lambung sampai usus 12 jari secara langsung). Dari pemeriksaan ini baru dapat diketahui apakah terdapat luka pada saluran pencernaannya atau tidak, letaknya secara tepat, tingkat keparahannya, dan selanjutnya lebih mudah dalam menentukan obatnya.

Tips Berpuasa Bagi Penderita Maag

Saat puasa, seseorang yang menderita maag perlu memerhatikan pola makannya dengan baik. 
Beberapa hal yang sebaiknya dilakukan dan dihindari antara lain :
  1. Saat sahur, makanlah secukupnya dan jangan berlebihan;
  2. Saat berbuka, mulailah dengan makan yang manis dan mudah dicerna seperti kurma, karena saat puasa kadar gula darah menjadi turun;
  3. Hindari makanan yang merangsang peningkatan asam lambung seperti kopi, susu dan minuman bersoda. Jangan mengkonsumsi alkohol dan rokok;
  4. Hindari makanan yang dapat menimbulkan gas di lambung seperti kubis, kentang, sawi, nangka, pisang ambon, melon, semangka dan makanan yang mengandung asam seperti buah jeruk;
  5. Olahraga yang teratur tetapi tidak berlebihan akan menjadikan tubuh tetap segar sehingga dapat mengurangi faktor resiko terserang maag;
  6. Hindari makanan yang sulit dicerna yang dapat memperlambat pengosongan isi lambung seperti makanan berlemak dan coklat;
  7.  Hindari juga mengkonsumsi makanan yang terlalu pedas. (Khadijah dari berbagai sumber).
Wallohu 'Alam

Source : Majalah Muslim Sehat 


Infokom Herbal Albarokah

Silakan isi formulir berikut ini untuk memesan produk. Mohon isi data secara baik dan benar. 
Nama*
Email*

Perihal*

No. Telp/HP*

Isi Pesan*

Kapsul Brotowali | Kapsul Daun Katuk | Kapsul Daun Ungu | Kapsul Jahe Merah | Kapsul Jati Belanda Plus | Kapsul Kumis Kucing | Kapsul Songgolangit|

Alfa Kelatik | Antibet | Habbatus Sauda' Oil | Hemorofit | Gamat Emas | Hersidar | Kapsul Pare | Madu Herbal Man Jos | Madu Herbal Subur Rahim | Madu Hutan Sumatera | Madu Murni Al Marjan | Olivia Turseena | Rheumafit Herbal Pereda Rematik | Sari Kurma Al Ajwa Plus | Sirup Madu Gurah| Sirup Manggis Maosteen | Stabitens | Zaitun Oil | Stabitens | VCO Virgin Coconut Oil
Rabu, 30/07/2014 16:36 WIB
Sirsak Plus

Sirsak Plus merupakan salah satu herbal produksi Al Afiat yang memiliki beragam manfaat diantaranya adalah untuk melancarkan peredaran darah, mengobati tekanan darah tinggi, kanker, kolesterol, stress, stroke serta menormalkan sistem syaraf yang kurang baik


Jumat, 03/10/2014 15:10 WIB
Spirulina Meningkatkan Daya Tahan Tubuh, Sebagai Anti Oksidan dan Anti Kanker

Spirulina merupakan makanan organik sumber klorofil tertinggi yang kaya mineral seperti besi, kalsium, seng, potasium dan magnesium. Vitamin A-beta carotene, B kompleks dan fenilaninnya menekan selera makan sehingga konsumsi gula dari karbohidrat kompleks dapat dikurangi.


Jumat, 10/05/2013 19:21 WIB
6 Manfaat Daun Kelor Yang Jarang Diketahui

Bagian pohon kelor yang sering dimanfaatkan oleh manusia adalah bagian daun dan buahnya, biasanya dijadikan sayuran untuk konsumsi sehari-hari. Namun ada juga yang memanfaatkan daun kelor sebagai pengobatan alami diantaranya meredakan penyakit demam, dan lain-lain.



Sabtu, 10/10/2012 10:40 WIB
Gold-G Sea Cucumbar Jelly

Gold-G Sea Cucumbar Jelly dalam istilah sehari-hari disebut Timun Laut atau Teripang / Gamat adalah bahan makanan yang berasal dari laut di Asia (Pulau Langkawi, Malaysia). Keistimewaan Gold-G Sea Cucumber dibandingkan Teripang pada umumnya.


Senin, Agustus 26, 2013 22:34 WIB
Solusi Atasi Diabet Tanpa Kompromi

Diabetes Melitus atau kencing manis adalah suatu gangguan kronis khususnya menyangkut metabolisme glukosa di dalam tubuh. Penyakit ini terjadi akibat kekurangan insulin absolut maupun relatif.


Berita Sebelumnya

Minggu, 12/05/2013 07:10 WIB
Bekam


Minggu, 12/05/2013 05:31 WIB
Ain


Jum'at, 10/05/2013 07:10 WIB
Ruqyah


Baca Juga :
Foto dan Video Terkait :

JAMSI Obat Tradisional untuk penderita Diabet. Fungsi Jamsi antara lain : memperbaiki sel-sel dan fungsi pankreas, menurunkan kadar gula, menetralisir hipertensi, asam urat, kolesterol, trigeliserit. Cara pemakaian : untuk penderita diabet : 3x2 sendok makan per hari. BIla masih mengkonsumsi obat medis, diberi jarak waktu antara 15 sampai 30 menit. Untuk kesembuhan sebaiknya obat medis lambat laun dikurangi dosisnya sampai bisa lepas 100%. Untuk pencegahan diabet : 1 x 1 sendok makan per hari sebelum makan. Untuk penderita/penyakit bahan organik yang lain sebaiknya diminum 2x2 sendok makan saat mau tidur dan saat bangun tidur.

Madu Ternak Al Wadey - Madu Formula Al Wadey - Kandungan Penting Madu
Madu Ternak Al Wadey (monoflora)didapatkan dari lebah perkebunan tertentu, dari tiap pohon memiliki sari bunga (nectar) yang dikumpulkan lebah dan dibawa ke sarangnya untuk dijadikan madu. Sehingga setiap madu memiliki khasiat dan untuk mengobati penyakit tertentu. Sehingga kami menjamin dari setiap produk kami yang beredar di pasar adalah 100% madu asli.

Ramuan Madu LAMBUNG
Madu Lambung ALWADEY adalah madu yang diformulasikan khusus untuk mengobati sakit maag. Madu Lambung ALWADEY merupakan madu murni 100% dipadukan dengan rempah-rempah yang berkwalitas.

Ramuan Madu SUBUR KANDUNGAN
Madu Subur Kandungan ALWADEY adalah madu yang diformulasikan khusus untuk menyuburkan kandungan. Madu Subur Kandungan ALWADEY baik untuk lelaki ataupun wanita serta menggunakan madu asli 100%.

Ramuan Madu IBU HAMIL DAN MENYUSUI
Madu Ibu Hamil & Menyusui ALWADEY adalah madu pilihan 100% murni yang diperuntukkan bagi ibu yang sedang masa hamil maupun yang sedang menyusui. Sangat baik untuk kesehatan ibu & juga nutrisi bagi anak & janin.

Kandungan Penting Dalam Madu
Gula, Vitamin, Mineral dan Garam, Enzim dan Asam

Hulbah adalah tumbuhan yang tergolong dalam famili Fabaceae. Ditanam di seluruh dunia sebagai tanaman separa gersang, ia digunakan sebagai kedua-dua herba (daunnya) dan rempah (bijinya). Hulbah juga sering digunakan untuk memasak kari. Perkataan bahasa Melayu, "halba", berasal daripada nama bahasa Arab, "Hilbeh" Nama saintifiknya Trigonella foenum-graecum.

Office - CS. Herbal Albarokah Online


Assalamu'alaikum wa Rohmatullohi Wa Barokatuh ...

Semoga Kesehatan Tetap Menyertai Anda dan Keluarga ...



Selamat Datang di Toko Herbal Albarokah ~ Toko Anda Toko Kita Semua.

Toko Herbal-Albarokah Menyediakan Obat-Obatan Herbal Berkualitas dan Produk Herbal Best Seller dari berbagai Kategori Penyakit seperti : Alergi, Amandel, Ambeien, Anemia, Anti Biotik, Anti HIV, Anti Oksidan, Anti Radang, Asam Urat, Diabetes, Eksim, Epilepsi, Flek Paru, Ginjal, Radang dan lain-lain dengan harga yang terjangkau.

Di Toko Herbal Albarokah Anda beserta Keluarga bisa belanja berbagai produk herbal dengan Mudah : Aman dan Cepat.

Anda bisa menghubungi kami di :
Hotline : 0818 0381 7669

Work Time : Senin s/d Sabtu Jam 08.00-17.00 WIB.

Kabar Gembira bagi Anda yang berdomisili di Kota Malang-Jawa Timur, Magelang-Jawa Tengah dan Sampit-Kalimantan Tengah, Ongkos Kirim Gratis.
Ya ... Gratisss. Manfaatkan Kesempatan Emas Ini Sekarang Juga.


Layanan SMS :
Format Pemesanan :
Nama Obat#Jumlah#Nama Lengkap#Alamat Lengkap

Format Konfirmasi Pembayaran :
Bank Tujuan#Nama Pengirim# Alamat Lengkap Pengiriman

Kirim ke 0818 0381 7669

Denah Menuju Toko Herbal-Albarokah Malang
Dari Terminal Arjosari Naik Angkot AT (Arjosari Tumpang) lalu turun tepat di Gg. 15 Jl. LA Sucipto No. 227 Blimbing Malang

Infokom. Herbal Albarokah


 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls