BCA : 6695-0618-23 | BRI 0163-01-009952-53-3 | atas nama Harsoyo

Hanya Bertawakkal Kepada Alloh Untuk Kesembuhan Terhadap Penyakit

Selasa, Agustus 16, 2011

Herbal Sarsaparilla, dari Anti Bakteri Hingga Daya Ingat


Sarsaparilla merupakan genus Smilax yang tumbuh di Jamaika, Meksiko, Honduras dan India yang akarnya digunakan untuk tujuan pengobatan. Spesies lain yang juga dimanfaatkan untuk tanaman kesehatan, antara lain officinalis, aristolochiaefolia, glabra, febrifuga, ornata, regelii dan japicanga.

Akar Sarsaparilla seringkali dibuat menjadi minuman seperti teh dan memiliki rasa pedas manis dan aroma yang segar. Pada tahun sekitar 1574, Sarsaparilla digunakan untuk mengobati sifilis dan juga digunakan sebagai pengobatan tradisional untuk mengobati masalah pencernaan, demam, radang sendi, masalah kulit serta kanker.

Komponen kimia yang terkandung dalam Sarsaparilla termasuk sejumlah saponin steroid, yang dapat menyebabkan tubuh untuk dapat membuat steroid sendiri. Sarsaparilla juga mengandung quercetin, merupakan antioksidan yang melindungi tubuh terhadap radikal bebas yang merusak.


Kandungan


Komponen kimia dari sarsaparila termasuk saponin steroid, dan mineral seperti (magnesium, kalsium, aluminium, kromium, besi, magnesium, selenium, dan seng).

Khasiat

1. Sebagai antibakteri

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di PubMed pada tahun 2003 oleh S. Das, R. Prakash dan SN Devarai, menyatakan bahwa Sarsaparilla dapat digunakan sebagai obat diare.

Penelitian ini dilakukan untuk menguji aktivitas antimikroba Sarsaparilla terhadap S. typhimunium, E. coli and S. flexneri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sarsaparilla lebih efektif dibandingkan obat anti-diare standar. Sarsaparila menghasilkan efek antidiare karena sifat antibakteri dan dapat mengurangi kontraksi usus.

2. Untuk mengatasi Psoriasis

Psoriasis adalah kondisi umum kulit yang berhubungan dengan siklus hidup sel-sel kulit, menyebabkan penumpukan sel kulit mati lebih cepat sehingga kulit menjadi bersisik dan muncul bercak-bercak merah pada kulit yang disertai nyeri.

Kandungan saponin di Sarsaparilla dapat memproduksi endotoksin yang mempunyai sifat mengikat toksin. Sarsaparilla telah digunakan dalam masyarakat luas untuk mengobati kondisi kulit lainnya seperti ruam, eksim dan luka.


3. Anti inflamasi (anti pembengkakan)
Sifat anti-inflamasi dari Sarsaparilla membuatnya bermanfaat dalam mengobati kondisi seperti arthritis, encok dan rematik.

4. Untuk membantu mengatur regulasi hormon
Sarsaparilla dipercaya menjadi sumber yang kaya akan testosteron karena efek dari saponin steroid yang terkandung di dalamnya.

5. Untuk meningkatkan daya ingat
Para ilmuwan dari Medical University di Cina menerbitkan sebuah studi di "Brain Research" pada bulan Oktober 2005 menunjukkan bahwa Sarsasapogenin yang diberikan per oral (melalui mulut)pada tikus percobaan dapat meningkatkan kemampuan belajar dan daya ingat di daerah cortex, hippocampus and striatum dari otak tikus.


Meskipun, belum dilakukan penelitian pada manusia mengenai fungsi Sarsaparilla sebagai peningkat daya ingat, namun teh herbal ini dipercaya dapat berfungsi meningkatkan konsentrasi dan daya ingat.

Source : www.detikhealth.com


 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls